Teknik Menghafal Yang Efektif

Kunci untuk meningkatkan daya ingat Anda adalah mempelajari cara kerja otak manusia. Kemudian Anda harus berlatih menghafal materi sampai Anda memilikinya. Sangat penting untuk melatih subjek secara menyeluruh, sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya.

Beberapa Teknik Menghapal yang Efektif

Ingat, untuk mengajarkan suatu topik, Anda harus meminta pengguna mengambil informasi dari memori. Ada banyak teknik untuk menghafal. Beberapa di antaranya termasuk istana memori, pengeboran mega, dan pengelompokan kata ke dalam ember.

Memory Palace

Menggunakan memory palace adalah cara terbaik untuk menghafal apa pun, apakah itu informasi yang rumit atau daftar angka. Ini dapat digunakan untuk apa saja mulai dari daftar hingga teks, angka hingga logika matematika yang kompleks. Semakin tidak biasa dan lucu asosiasinya, semakin mudah untuk diingat. Teknik ini dapat membantu Anda menyimpan informasi bahkan dalam situasi yang menantang seperti ujian. Untuk berlatih menggunakan istana memori, cukup berjalan melalui tempat yang sudah dikenal, seperti gedung kantor, dan tanyakan pada diri sendiri, “Apa yang ada di ruangan itu?”

Membangun memory palace membutuhkan waktu, dan itu bukan untuk semua orang. Namun, beberapa orang memiliki imajinasi yang luar biasa dan dapat membuat gambar dalam pikiran mereka untuk mengingat sesuatu. Bagi orang yang tidak memiliki imajinasi visual, audio adalah pilihan yang bagus. Meskipun membangun memory palace mungkin terdengar seperti cara yang menyenangkan untuk menghafal, dibutuhkan waktu dan dedikasi untuk berhasil. Namun, orang sering menyerah ketika mereka menginginkan hasil instan, dan melupakan memory palace mereka setelah beberapa minggu.

Membuat memory palace mengharuskan Anda menciptakan lingkungan di mana Anda dapat memvisualisasikan objek, pemandangan, dan peristiwa. Setelah Anda membuat memory palace, Anda dapat menggunakannya untuk mengingat informasinya. Mengingat melalui memory palace akan jauh lebih mudah jika Anda menggunakannya dengan fitur yang mengejutkan. Teknik ini dapat membantu Anda mengingat informasi yang paling menantang sekalipun, seperti matematika yang sulit. Selain cara-cara di atas, ada beberapa teknik lain yang bisa membantu Anda untuk menghafal lebih baik.

Teknik menghafal visual

Untuk membantu Anda mengingat informasi, salah satu alat yang paling penting adalah memori visual. Teknik menghafal visual mengandalkan kekuatan gambar untuk membantu kita mengingat detail dengan lebih baik. Ketika kita disuguhkan dengan gambar kata tertentu, biasanya kita langsung mengaitkan gambar tersebut dengan kata tersebut. Misalnya, jika kita melihat pistol dan tidak langsung mengaitkannya dengan kata “pistol”, kita akan lebih sulit mengingatnya.

Kunci untuk menghafal informasi terletak pada asosiasi. Teknik menghafal visual menggunakan kekuatan visualisasi untuk menciptakan asosiasi mental antara item. Misalnya, kita dapat mengaitkan kata “hidran” dengan gambar hidran merah di trotoar. Untuk pelajar auditori, teknik ini mungkin memerlukan pengulangan kata-kata yang berulang. Untuk pelajar visual, teknik ini mungkin melibatkan membayangkan hidran kebakaran merah terang di trotoar.

Metode lain untuk menghafal informasi adalah dengan membuat istana memori. Dengan mengatur informasi penting ke dalam istana memori, Anda akan lebih mudah mengingat fakta-fakta itu ketika Anda membutuhkannya. Metode ini pertama kali diusulkan pada tahun 80 SM. oleh penulis yang tidak dikenal. Menggunakan gambar atau frase untuk membantu Anda mengingat kosakata baru adalah metode yang ampuh yang bekerja pada banyak tingkatan. Anda dapat menghafal ratusan kata dalam waktu singkat, tetapi mengingatnya secara efektif membutuhkan usaha.

Repetisi / Pengulangan

Belajar melalui repetisi adalah keterampilan umum, dan telah ada selama berabad-abad. Mengulangi informasi untuk diri sendiri membantu Anda mempertahankannya dengan lebih baik, tetapi beberapa metode repetisi lebih efektif daripada yang lain. Faktanya, pengulangan informasi secara massal hanya sedikit lebih baik daripada tidak mengulanginya sama sekali. Tetapi jika Anda kesulitan mengingat sesuatu yang baru, cobalah memperkenalkan pola baru padanya. Kemudian Anda dapat menggunakan pola tersebut untuk mengingat informasi tersebut.

Strategi repetisi yang paling efektif adalah Repetisi spasial. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika Anda mengatur jarak sesi belajar Anda, Anda lebih mungkin untuk mengingat materi dan menyimpannya lebih lama. Repetisi Spasial meningkatkan jumlah waktu yang dimiliki otak Anda untuk memproses informasi, tetapi pada saat yang sama, ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan diri dengan aktivitas lain dan gaya hidup sehat. Metode ini dikenal sebagai repetisi spasial, dan ini adalah cara terbaik untuk mengingat informasi.

Prinsip repetisi spasial membantu Anda membangun memori yang kuat dengan meningkatkan waktu yang dihabiskan secara aktif untuk melatih informasi. Metode ini bermanfaat karena memungkinkan Anda untuk menggabungkan informasi baru dengan pengetahuan yang ada, sehingga lebih mudah untuk mengingatnya nanti. Manfaat utama lain dari repetisi spasial adalah bahwa hal itu mengajarkan otak untuk merespons materi ketika dilihat berikutnya, yang mengarah pada retensi yang lebih baik. Anda juga dapat berlatih menggunakan repetisi spasial untuk mengingat informasi penting dalam waktu yang lebih singkat.

Memori visual

Seni menghafal adalah menerjemahkan informasi yang tidak memiliki konteks menjadi sebuah gambar. Otak manusia bekerja paling baik ketika informasi direpresentasikan dalam gambar, bukan dalam kata-kata. Contoh yang baik adalah mengingat gambar atau berita yang mengejutkan, yang kemudian diterjemahkan ke dalam gambar di benak kita. Seiring bertambahnya usia, memori visual bisa menjadi lebih lemah, tetapi tetap menjadi keterampilan penting untuk dimiliki. Untuk mengembangkan memori visual Anda, praktikkan teknik-teknik di bawah ini.

Satu studi menemukan bahwa orang dapat menghafal 2.500 gambar berbeda dalam 5,5 jam. Rangsangan adalah gambar majalah dan item dipilih secara acak dari set yang sama. Pengamat diinstruksikan untuk menghafal objek dari kategori yang berbeda, meminimalkan gangguan konseptual. Dalam tes memori, peserta diminta untuk mengingat gambar yang dilihat sebelumnya dipasangkan dengan objek dari kategori atau keadaan yang berbeda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa manusia dapat menghafal gambar yang sebelumnya telah dilihat oleh lebih dari satu orang.

Di antara banyak metode untuk meningkatkan memori visual adalah bermain game yang cocok. Permainan mencocokkan melibatkan bermain dengan kartu yang memiliki gambar yang sama di kedua wajah. Pemenangnya adalah pemain dengan kartu terbanyak di akhir permainan. Memori visual juga dapat diperkuat dengan menyelesaikan teka-teki dan permainan di mana pemain dapat mencocokkan dua kartu. Latihan memori visual dapat dengan mudah ditemukan secara online, dan juga dapat ditemukan gratis di YouTube.

Membuat mnemonik

Saat Anda ingin menghafal kata atau konsep baru, membuat mnemonik adalah pilihan yang sangat baik. Menggunakan mnemonik membantu Anda menyimpan informasi dengan lebih baik, terutama dalam mata pelajaran yang sulit. Dengan menggunakan mnemonik, Anda dapat meningkatkan ingatan Anda dengan menciptakan asosiasi yang mudah diingat antara kata dan informasi yang diwakilinya. Anda juga dapat membuat mnemonik yang berfungsi di berbagai area konten, seperti matematika, sejarah, atau geografi.

Mnemonik yang paling umum adalah yang menggunakan gambar dan imajinasi. Anda dapat membuat daftar informasi penting dan mengaitkannya dengan sebuah gambar. Menciptakan gambaran mental tentang lokasi atau situasi kehidupan nyata adalah cara yang bagus untuk memicu ingatan Anda. Anda juga dapat menggunakan gambar untuk membantu Anda mengingat item atau konsep. Memvisualisasikan skenario masa depan dapat membantu Anda mengingat informasi. Saat Anda mulai menulis mnemonik, Anda mungkin menyadari bahwa Anda memiliki memori baru.

Mnemonik juga dikenal sebagai “perangkat memori” karena membantu pelajar mempertahankan potongan besar informasi. Faktanya, Gerald R. Miller melakukan penelitian pada tahun 1967 dan menemukan bahwa mnemonik meningkatkan daya ingat dan skor tes hingga 77%. Meskipun ada banyak jenis mnemonik, daftar dasar 9 jenis terdiri dari musik atau ekspresi/kata, ode/sajak, dan model.

Mega-drilling

Seperti hal sebelumnya diatas, menggunakan mnemonik untuk mengingat kata-kata baru adalah cara yang bagus untuk meningkatkan ingatan Anda. Dengan mengulangi frasa atau kata, pikiran mengasosiasikannya dengan informasi yang dipelajari sebelumnya, yang membuatnya lebih mudah untuk diingat. Proses ini dikenal sebagai mega-drilling. Ini melibatkan pelatihan hal-hal dalam memori Anda 30 kali atau lebih. Untuk hasil terbaik, praktikkan di rumah sebelum menangani situasi dunia nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.