Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online

Sebelum mengikuti kursus online, ada baiknya Anda mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari format tersebut. Anda juga harus tahu bagaimana kursus online berbeda dari pengaturan kelas tradisional. Setelah Anda memahami perbedaan ini, Anda harus dapat memilih format dan sumber daya yang tepat. Di bawah ini, kami telah mencantumkan karakteristik kursus online terbaik. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara belajar alternatif ini. Kami berharap Anda akan menganggapnya sama berharganya dengan kami. Tetapi sebelum Anda memulai, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Manfaat belajar online

Pembelajaran online memiliki berbagai manfaat. Fleksibilitas jadwal dan metode pembelajaran memungkinkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan kursus Anda kapan dan di mana Anda inginkan. Selain itu, kursus online memungkinkan Anda untuk fokus pada mata pelajaran dan keterampilan tertentu sesuai keinginan Anda. Anda dapat meninjau materi apa pun yang telah Anda pelajari sebelumnya dan mengerjakan area yang menghadirkan kesulitan. Anda juga dapat mengerjakan tugas kuliah kapan pun Anda punya waktu. Dengan kursus online, Anda dapat fokus pada apa yang Anda minati dan bukan pada waktu yang dibutuhkan.

Siswa mendapat manfaat dari keterjangkauan kelas online. Tidak perlu pergi ke kampus atau mengatur penitipan anak. Mereka dapat menyelesaikan kursus mereka dari kenyamanan rumah mereka sendiri atau di mana pun mereka memiliki akses internet. Mereka juga tidak perlu khawatir tentang perjalanan ke dan dari sekolah. Selain itu, siswa dapat terus bekerja dan berkembang secara profesional sambil menyelesaikan persyaratan kursus mereka secara online. Kelas online juga menghemat biaya perjalanan. Selain itu, mahasiswa tidak perlu menghabiskan waktu berharga untuk bepergian ke dan dari kampus.

Pembelajaran berdasarkan permintaan memberikan berbagai manfaat baik bagi peserta didik maupun pendidik. Misalnya, siswa dapat mengulang kursus kapan pun mereka mau, yang dapat meningkatkan daya ingat mereka. Selain itu, organisasi dan pendidik dapat mengirimkan pengingat dan penyegaran seperlunya. Mereka dapat belajar dengan kecepatan dan jadwal mereka sendiri, tanpa perjalanan yang sibuk atau kebutuhan untuk mengejar pesawat. Kursus online juga mengurangi risiko kelelahan.

Siswa dapat belajar di mana saja. Mereka dapat belajar di lingkungan yang tenang tanpa gangguan. Beberapa orang merasa sulit untuk berkonsentrasi dalam keheningan atau saat mendengarkan musik. Namun, kursus online memungkinkan siswa untuk belajar kapan pun mereka mau dan dengan kecepatan mereka sendiri. Fleksibilitas ini memungkinkan siswa untuk mengejar tujuan pendidikan mereka tanpa mengorbankan kewajiban pribadi dan profesional mereka. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan gelar online atau mendapatkan gelar sarjana atau universitas, pendidikan online adalah cara yang tepat.

Perbedaan antara kursus online dan ruang kelas tradisional

Kursus Online

Ada beberapa perbedaan antara kursus online dan kelas tradisional. Pertama, siswa dalam kursus online tidak memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan guru mereka secara langsung. Mereka dipisahkan ke dalam kelompok dan berinteraksi melalui alat diskusi. Kedua, tidak ada rasa kebersamaan dalam kelas online. Meskipun kedua jenis kelas menawarkan pendidikan berkualitas, siswa dalam kursus online lebih cenderung menjadi penyendiri. Oleh karena itu, siswa harus mengingat kebiasaan menyendiri mereka ketika memutuskan jenis kursus yang akan diambil.

Terakhir, siswa dalam kursus online mungkin tidak mendapat manfaat dari pelatihan dan interaksi langsung yang dimiliki siswa di ruang kelas tradisional. Namun, kelas online terbaik sering kali menggabungkan streaming langsung dan obrolan video. Perbedaan lain antara kelas online dan tradisional termasuk gaya belajar. Yang pertama mengharuskan siswa untuk lebih mandiri, sedangkan yang kedua mungkin mengharuskan mereka untuk lebih memperhatikan kuliah dan diskusi. Manfaat kursus online tidak langsung terlihat, tetapi bisa signifikan.

Kelas Tradisional

Di kelas tradisional, siswa memiliki guru dan jadwal untuk diikuti. Kelas yang hilang mungkin memiliki dampak negatif. Apalagi gurulah yang memotivasi siswa. Guru juga menyajikan materi dengan cara yang sangat menarik. Terakhir, dia mungkin terlibat dalam percakapan santai dengan teman-temannya sebelum atau sesudah kelas. Faktor-faktor ini membuat kursus online menjadi unik.

Di kelas tradisional, guru hadir dan memantau secara dekat kemajuan siswanya. Guru merencanakan pelajaran, menggunakan berbagai alat pendidikan dan memperkenalkan materi kepada siswa. Siswa terlibat dalam kerja kelompok dan bahkan mungkin memiliki tes di akhir kelas. Siswa juga diberikan tugas rumah dan latihan individu. Mereka harus mahir dalam teknologi untuk memahami konten. Sementara kursus online lebih nyaman dan fleksibel, kelas tradisional lebih terstruktur dan membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha dari pihak siswa.

Karakteristik Kursus Online

Studi tentang kegigihan peserta kursus online mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan siswa merupakan faktor penting dalam menentukan apakah siswa akan melanjutkan kursus. Studi ini menemukan bahwa kepuasan siswa yang lebih tinggi dikaitkan dengan ketekunan yang lebih tinggi dalam kursus online, terutama bagi siswa yang lebih tua atau sebelumnya telah mengambil kursus online. Hasil penelitian memperluas penelitian sebelumnya dengan melihat dampak kepuasan antar subkelompok. Misalnya, dalam studi oleh Choi et al. (2018), hasilnya dianalisis untuk siswa yang berusia 25 tahun ke atas. Selain itu, subkelompok juga dipisahkan menurut jenis kelamin, usia, dan pengalaman kursus online sebelumnya.

Para peneliti mengidentifikasi pendorong utama kepuasan siswa untuk kursus online, termasuk pengaruh teknologi, pedagogis, dan sosial. Survei tersebut mencakup 13 variabel, termasuk kepuasan, harapan usaha, dan pengaruh sosial. Menggunakan software SPSS versi 25, mereka menghitung statistik deskriptif. Kuesioner berisi pertanyaan tentang demografi, niat perilaku, dan kepuasan siswa. Kepuasan siswa secara positif mempengaruhi ketekunan mereka dalam kursus online, yang menunjukkan bahwa kursus online efektif untuk meningkatkan pembelajaran dan retensi siswa.

Tingkat kecemasan siswa lebih tinggi pada siswa putus sekolah daripada siswa yang gigih, menunjukkan bahwa alat digital mungkin lebih menantang untuk diatasi. Ini menjadi perhatian, terutama bagi siswa muda dan mereka yang tidak memiliki pengalaman kursus online sebelumnya. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa siswa putus sekolah menunjukkan tingkat kecemasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang gigih. Temuan ini didukung oleh penelitian Stiller dan Koster (2016), yang menemukan bahwa kecemasan dan emosi positif berpengaruh negatif terhadap kegigihan siswa dalam kursus online.

Sumber daya yang tersedia untuk siswa

Ada banyak sumber daya yang tersedia bagi siswa saat belajar online. Menggunakan sumber daya seperti Ascend Math, siswa dapat memperoleh poin karena menjawab pertanyaan dengan benar dan mendapatkan hadiah di kehidupan nyata. Guru dapat membedakan konten dan melacak kemajuan siswa menggunakan akun guru gratis. Alat berguna lainnya termasuk StudyStack dan Khan Academy, yang menampilkan buku teks interaktif dan akun guru. Ini adalah sumber online gratis yang dapat digunakan siswa untuk membantu mereka meningkatkan kinerja akademik mereka.

Salah satu sumber daya tersebut adalah Arsip Internet. Ini telah membuat 1,5 juta buku tersedia online secara gratis bagi siapa saja yang tertarik untuk belajar. Anda dapat mencari melalui perpustakaan ini untuk menemukan topik yang relevan dengan studi Anda dan membangun kemampuan kuantitatif Anda. Sumber daya lainnya adalah program Bahasa Inggris Shurley, yang memiliki sumber daya untuk siswa di kelas K-8. Kontennya berfokus pada membangun seni bahasa dan keterampilan kuantitatif. Sumber daya hebat lainnya adalah perpustakaan World101, yang terus berkembang dan menyediakan berbagai sumber daya multimedia.

Sumber daya bermanfaat lainnya untuk pendidik gratis. Organisasi Pendidik untuk Keunggulan adalah tempat yang tepat untuk memulai. Ini menyediakan sumber daya online dan offline dan memberikan tips tentang pembelajaran virtual, perangkat digital dan akses internet gratis. Organisasi ini juga menjadi tuan rumah Pusat Sumber Daya Coronavirus, yang menawarkan sumber daya gratis untuk guru dan siswa. Anda dapat mengakses sumber online ini untuk mendukung kurikulum ELA dan kursus Canvas Anda. Ada lebih banyak sumber daya bagi pendidik dan siswa untuk digunakan.

Guru dapat menggunakan situs History Explorer untuk mengakses sumber daya gratis yang terkait dengan sejarah Inggris. Siswa dapat menelusuri artikel, video, infografis, dan artikel yang berkaitan dengan sejarah Inggris. Mereka juga dapat mengakses aplikasi dan game pendidikan yang mengajarkan berbagai aspek sejarah Inggris. Sementara siswa menjelajahi sejarah, tidak ada tempat yang lebih baik untuk belajar bagaimana menerapkan pelajaran yang didapat. Alat online ini mendukung gaya belajar unik setiap siswa dan memberi mereka pengetahuan yang mereka butuhkan untuk berhasil di sekolah.

Persyaratan untuk sukses dalam kursus online

Sementara kelas online seringkali nyaman dan efisien waktu, siswa mungkin memerlukan sumber daya dan keterampilan khusus. Sumber daya ini dapat mencakup alat khusus, situs web, atau teknologi lain yang digunakan di kelas. Siswa harus memastikan komputer dan perangkat lunak mereka mutakhir dan berfungsi dengan baik. Mereka juga harus siap untuk menulis dan berkomunikasi dalam teks, termasuk posting papan diskusi dan email. Komunikasi antara siswa dan instruktur sangat penting untuk keberhasilan. Kursus online sering menggunakan kombinasi tugas tertulis dan komunikasi non-verbal.

Meskipun kursus online menawarkan beberapa manfaat, penting bagi siswa untuk memeriksa persyaratan teknis sebelum mendaftar. Siswa harus memiliki koneksi internet yang baik, dan webcam. Banyak perguruan tinggi memposting perangkat lunak yang diperlukan untuk mengakses kursus online. Siswa juga harus membiasakan diri dengan sumber daya universitas, termasuk laboratorium menulis, memberi nasihat, pembinaan, dan bimbingan belajar. Instruktur juga penting untuk kesejahteraan siswa mereka. Salah satu kesalahpahaman umum tentang pendidikan online adalah bahwa siswa harus memiliki komputer pribadi.

Disiplin juga penting. Kursus online membutuhkan banyak waktu, sama seperti rekan-rekan mereka di kampus. Siswa harus mengembangkan jadwal belajar harian untuk memastikan bahwa mereka dapat menyelesaikan semua tugas secara tepat waktu. Mereka juga harus memastikan bahwa mereka menganggarkan cukup waktu untuk tugas kelas. Dan, tentu saja, mereka harus berusaha untuk tidak menunda-nunda, karena kursus online biasanya tidak diajarkan secara real time.

Terakhir, siswa online harus berkomitmen untuk belajar selama lima hingga 15 jam setiap minggu. Sementara kursus online nyaman, mereka juga membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha daripada rekan-rekan mereka di kampus. Untuk berhasil dalam kursus online, siswa harus memiliki tingkat motivasi dan disiplin diri yang sama seperti di kelas tradisional. Penting untuk memprioritaskan pekerjaan, tanggal jatuh tempo, dan tugas dengan nilai poin tertinggi. Ruang belajar khusus dan ruang yang tenang sangat penting untuk belajar secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.