Cara Meningkatkan Kapasitas Belajar Otak

Jika Anda ingin meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kapasitas belajar Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda melatih otak Anda. Ada banyak latihan yang dapat Anda coba untuk meningkatkan daya ingat Anda, termasuk tidur siang, memperhatikan, dan mempelajari keterampilan baru. Di bawah ini adalah tiga contoh cara terbaik untuk melatih otak Anda dan meningkatkan kapasitas belajar Anda. Semuanya akan meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi Anda, sehingga Anda dapat menghadapi lebih banyak tantangan. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang masing-masing!

Latih otak Anda untuk meningkatkan kapasitas belajar

Banyak orang pernah mendengar ungkapan “latih otak untuk meningkatkan kapasitas belajar“, tetapi apakah itu benar? Melatih otak Anda tidak hanya meningkatkan massa otot di tangan Anda. Latihan teratur juga memperkuat koneksi antara neuron di otak Anda, meningkatkan kapasitas belajar dan memori Anda. Untuk memulai, Anda harus memulai dari yang kecil dan terus meningkat. Untuk hasil terbaik, lakukan rutinitas yang mencakup tiga atau empat sesi seminggu.

Cobalah permainan teka-teki. Permainan teka-teki membutuhkan banyak kemampuan kognitif, jadi Anda akan melatih banyak sel otak Anda sekaligus. Permainan puzzle meningkatkan memori dan kecepatan pemrosesan. Membaca buku dapat meningkatkan kekuatan otak, karena buku tersebut memperkenalkan Anda pada karakter dan topik yang menarik. Membaca juga membantu meningkatkan kosakata. Saat membaca buku, cobalah membaca sesuatu yang lebih kompleks dari yang Anda ketahui saat ini. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menjaga otak Anda tetap sehat dan mencegah timbulnya demensia atau kondisi terkait usia lainnya.

Ikut serta dalam aktivitas fisik memiliki beberapa manfaat bagi otak. Olahraga menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan aktivitas otak. Latihan aerobik meningkatkan faktor pertumbuhan dan merangsang koneksi saraf baru. Ini juga meningkatkan aliran darah dan membantu jantung dan otak. Olahraga pagi bermanfaat bagi otak dan jantung, dan juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan kabut dari tidur dan mempersiapkan otak Anda untuk belajar.

Selain meningkatkan daya ingat, senam otak juga dapat membantu orang meningkatkan cadangan kognitif mereka. Cadangan kognitif adalah kapasitas untuk melawan perubahan otak yang merugikan. Jika Anda cukup sering melatih otak, Anda mungkin dapat meningkatkan kapasitas memori Anda. Namun, ingat bahwa meningkatkan memori membutuhkan waktu. Anda tidak dapat mengharapkan untuk melihat hasil dalam semalam. Untuk meningkatkan daya ingat Anda, Anda harus melakukannya setiap hari. Jangan mengharapkan hasil langsung, tetapi latih otak Anda secara teratur dan Anda akan senang melakukannya.

Memperhatikan informasi

Kita terprogram untuk memperhatikan hal-hal tertentu, apakah itu informasi baru atau sesuatu yang telah kita pelajari. Kami melakukan ini dengan menghindari gangguan dan fokus pada hal penting yang ada. Ini tidak mudah dilakukan. Cara terbaik untuk meningkatkan kapasitas belajar otak Anda adalah dengan memperhatikan hal-hal yang sudah Anda ketahui dan sukai. Ini adalah proses yang mungkin sulit untuk dipelajari, tetapi dapat dilakukan.

Studi terbaru menunjukkan bahwa rata-rata orang memproses 74 gigabyte informasi per hari – cukup untuk mengisi perpustakaan besar. Rata-rata orang akan memproses 74 GB informasi dalam hidup mereka. Penelitian ilmu saraf menunjukkan bahwa otak kita dirancang untuk belajar, dan semakin kita memperhatikan informasi yang kita proses, semakin banyak otak kita belajar. Dengan memperhatikan informasi yang kita terima, kita dapat membuat keputusan yang lebih baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jaringan besar area otak terlibat dalam mengendalikan perhatian. Hemisfer frontal dan temporal terlibat dalam perencanaan dan pemilihan perilaku yang didorong oleh tujuan, sedangkan lobus posterior dan temporal penting untuk mempersiapkan dan menerapkan perhatian sukarela. Para peneliti telah menemukan bahwa jaringan ini sangat terhubung ke area yang terlibat dalam pemrosesan sinyal sensorik dan perencanaan tindakan motorik. Jika Anda memperhatikan informasi yang Anda terima, Anda akan lebih mampu belajar darinya dan mengingatnya.

Tidur siang untuk meningkatkan fokus

Banyak orang bersumpah dengan tidur siang selama hari kerja. Tidur siang ini membantu untuk mengejar tidur dan meningkatkan kewaspadaan. Banyak tokoh terkenal, termasuk Boris Johnson dan Leonardo da Vinci, dikatakan lebih memilih power nap di siang hari. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang memiliki manfaat jangka panjang untuk kewaspadaan dan fokus. Tidur siang telah dikaitkan dengan peningkatan kinerja, peningkatan produktivitas, dan peningkatan suasana hati.

Tidur siang meningkatkan fleksibilitas kognitif, yang sangat penting untuk pemecahan masalah dan penilaian. Tidur juga meningkatkan kapasitas belajar Anda. Studi menunjukkan bahwa hanya 60 menit tidur siang dapat membantu Anda belajar sebanyak tidur malam penuh. Selanjutnya, tidur siang meningkatkan suasana hati, meningkatkan waktu reaksi, dan membantu pengaturan emosi. Ini juga dapat mengurangi kecenderungan untuk menjadi impulsif dan membantu keterampilan memecahkan masalah.

Namun, jika Anda tidak lelah, Anda mungkin akan lebih sulit tidur. Jika ini terjadi, pertimbangkan untuk berjalan-jalan saja. Pilih waktu yang nyaman untuk tidur siang Anda. Para ahli merekomendasikan untuk tidur siang sekitar delapan hingga sembilan jam setelah bangun di pagi hari, karena ini bertepatan dengan penurunan sinyal peringatan sirkadian. Jika Anda merencanakan power nap, pilih waktu yang paling sesuai untuk Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, Riverside, menemukan bahwa mengonsumsi 200 miligram kafein sebelum tidur siang 30 menit meningkatkan kinerja peserta tes. Ini meningkatkan fokus dan perhatian mereka, serta waktu reaksi mereka terhadap kafein. Meskipun kafein memang memiliki efek jangka pendek, itu adalah efek jangka panjang bagi kebanyakan orang. Hasil penelitian ini masih awal, tetapi menunjukkan bahwa itu mungkin bermanfaat bagi kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

Tidur siang untuk meningkatkan kewaspadaan bermanfaat juga untuk menyegarkan otak agar kapasitas belajar otak lebih baik, tetapi yang terbaik adalah menghindari tidur siang yang berlangsung lebih dari 30 menit. Tidur siang yang lebih lama dapat menyebabkan inersia tidur, yang menyebabkan pening, atau perasaan bahwa Anda membutuhkan lebih banyak tidur. Sebagai gantinya, pilihlah power nap 20 hingga 30 menit untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Anda bahkan dapat menggunakan pelacak kebugaran untuk melacak waktu tidur siang Anda.

Mempelajari keterampilan baru

Orang mempelajari keterampilan baru untuk berbagai alasan, termasuk untuk meningkatkan kinerja pekerjaan mereka, untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi, atau untuk memanfaatkan teknik yang baru dikembangkan. Mempelajari keterampilan baru juga memiliki manfaat lain selain meningkatkan resume Anda. Ketika Anda melatih keterampilan baru, materi putih otak, yang disebut mielin, menjadi lebih padat, meningkatkan kinerja Anda pada banyak tugas yang berbeda. Semakin banyak Anda berlatih, semakin banyak mielin yang dimiliki otak Anda, sehingga Anda dapat mempelajari hal-hal baru dengan lebih mudah.

Saat Anda mempelajari keterampilan baru, area otak yang terlibat dalam perhatian dan lamunan menjadi kurang aktif. Otak kemudian menggunakan lebih sedikit energi untuk mengobrol, memungkinkan neuron di wilayah melamun untuk meningkatkan aktivitasnya. Perubahan-perubahan itu mencerminkan bagaimana sel-sel otak individu merespons mempelajari keterampilan baru. Proses pembelajaran juga dapat mengarah pada pembentukan pola aktivitas saraf baru. Ini tidak sepenuhnya dipahami, tetapi perubahan ini mungkin menjelaskan manfaat mempelajari keterampilan baru.

Manfaat mempelajari keterampilan baru melampaui manfaat langsung dari peningkatan memori. Dengan menantang diri sendiri untuk mencoba keterampilan baru, Anda membangun lebih banyak koneksi antara neuron di otak Anda dan menciptakan jalur alternatif untuk informasi. Ini membuat otak Anda lebih besar dan cadangan kognitif Anda lebih kuat. Selain manfaat langsung dari peningkatan volume otak, mempelajari keterampilan baru juga meningkatkan rasa tujuan dan harga diri Anda. Mempelajari keterampilan baru adalah cara yang bagus untuk membuat hidup Anda lebih memuaskan dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam hidup.

Keterampilan baru membutuhkan sejumlah besar upaya untuk belajar. Ini berarti otak sedang membentuk koneksi baru yang telah menunggu Anda untuk belajar. Menambahkan informasi baru dari waktu ke waktu akan memungkinkan otak Anda untuk membentuk lebih banyak koneksi dan memperkuat yang sudah ada. Akhirnya, Anda akan mencapai jalan yang sudah usang. Jika Anda benar-benar berkomitmen untuk mempelajari keterampilan baru, Anda akan takjub melihat betapa cepatnya otak Anda beradaptasi.

Tidak selalu mudah untuk memilih keterampilan baru, tetapi ada baiknya memilih salah satu yang paling menantang Anda. Mempelajari keterampilan baru juga akan menjaga tingkat minat Anda tetap tinggi. Lagi pula, melakukan hal yang sama berulang-ulang bisa jadi membosankan. Mempelajari keterampilan baru membantu memutus siklus ini dan mencegah kebosanan. Mempelajari keterampilan baru juga akan membuat Anda lebih kreatif. Jika Anda mempelajari bentuk seni baru, Anda akan merasa terinspirasi untuk mengekspresikan diri dengan cara baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.